Microsoft Tawarkan Desain Headset VR Murah

Microsoft telah mengumumkan bahwa PC OEM akan segera mengirimkan headset VR dengan harga yang murah. Microsoft mengatakan bahwa headset VR yang didesain khusus untuk PC OEM ini bernilai $299 saja atau sekitar 4 juta rupiah saja.

Namun sayangnya detail hardware dari headset VR untuk PC OEM ini masih belum diungkap tapi Microsoft mengatakan bahwa HP, Dell, Lenovo, Asus dan Acer akan mulai mengirim headset VR tersebut pada ajang Windows 10 Creators Update di musim semi tahun depan. Dengan harga yang murah ini, headset VR dari PC OEM ini akan menjadi kompetitor berat bagi HTC dan Oculus di pasar headset VR.

Terry Myerson dari Intel juga mengatakan bahwa headset VR PC OEM ini akan menjadi headset pertama yang dilengkapi dengan sensor inside-out six-degree yang tidak dimiliki oleh headset VR lain. Sensor inside-out six-degree ini memungkinkan headset VR ini dapat digunakan dimana saja tanpa harus terdiam di suatu tempat untuk menggunakannya. Belum diketahui juga bagaimana cara kerja dari headset VR PC OEM ini, tapi sepertinya Microsoft juga menggunakan teknologi yang augmented reality HoloLens yang memungkinkan perangkat untuk memindai sebuah ruangan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Selain itu sepertinya, Microsoft akan gunakan teknologi HoloLens di headset VR PC OEM untuk dapat membaca pergerakan tangan pengguna tanpa menggunakan controller seperti yang digunakan HTC Vive dan Oculus Rift. Sepertinya headset VR PC OEM ini kemungkinan besar menjadi headset VR impian banyak orang di dunia, mengingat akan hadir dengan harga yang murah dan menawarkan teknologi HoloLens di dalamnya.