Facebook Akan Biarkan Komputer Pilih Materi Trending

Layanan Google Street View yang merupakan bagian fitur dari Google Maps dianggap bakal lebih memudahkan beberapa kalangan yang ingin mengenal wilayah atau jalanan yang akan dilaluinya. Akan tetapi, bagi pemerintah India, layanan ini dianggap cukup membahayakan.

Alhasil, Google yang ingin melakukan pengambilan gambar untuk menghadirkan layanan Google Street View di negeri Bollywood tersebut langsung ditolak oleh Kementrian Dalam Negeri India. Pemerintah India beranggapan kalau layanan tersebut dapat menimbulkan ancaman keamanan yang serius.

Berdasarkan berita yang kami sadur dari Neowin, penolakan layanan Google Street View oleh pemerintah India dipicu oleh kejadian serangan teroris di pangkalan udara India pada awal Januari lalu. Para pelaku penyerangan diduga telah memanfaatkan Google Maps untuk mengetahui tata letak medan.

Atas kejadian tersebut, pemerintah India tampaknya mulai memperketat keamanannya. Sehingga tidak hanya proposal perizinan layanan Google Street View saja yang ditolak, beberapa layanan lainnya yang serupa pun kabarnya turut ditolak, mulai dari Microsoft, Apple, Uber dan Here Maps.

Langkah penolakan yang dilakukan pemerintah India terhadap layanan Google Street View ini mungkin dianggap sebagai langkah yang tepat. Bahkan pemerintah India pun menilai bahwa layanan tersebut dianggap sudah melewati batas terutama dalam memberikan tampilan visual lingkungan atau bangunan yang mungkin saja bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kriminalitas.